New
Media
A. Pengertian New Media.
Apa
itu new media? New media merupakan mengacu pada akses on-demand untuk konten
kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik
pengguna interaktif, partisipasi kreatif. Aspek lain dari media baru adalah
generasi real-time baru, konten tidak diatur. New Media berkaitan dengan
masalah hal-hal yang baru, banyak yang berpendapat bahwa teknologi media baru
seperti ponsel sebenarnya hanya regenerasi media lama dan karena itulah ponsel
bukanlah hal baru.
B. Manfaat New Media
New
media memiliki beberapa fungsi yaitu :
Ø Arus
informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
Ø Sebagai
Media transaksi jual beli
Ø Sebagai
media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll
Ø Sebagai
media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang
berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
Ø Sarana
pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis
C. Komponen New Media
Komponen
dari new media yaitu :
Ø Handphone
Ø Internet
Ø Komputer
Ø DVDs
(Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
Ø VCDs
(Compact Discs)
Ø Portable
Media Player
Ø Video
Game/ Game Computer
Ø Virtual
Reality
Ø Dan
sebagainya.
D. Konsep, Proses dan Tahapan
Pengembangan New Media
Ø Konsep
New Media
Media baru (new media) merupakan sebuah terminologi untuk
menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang
terkomputerisasi serta terhubung ke dalamjaringan.
Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet.
Program televisi, film, majalah, buku, suratkabar, dan
jenis media cetak lain tidak termasuk media baru.
Ø Proses Pengembangan New Media
·
Fase requirement atau penelusuran
kebutuhan, pada fase ini kita mencari tahu sebenarnya apa
yang dibutuhkan, tujuan dari suatu proyek pengembangan aplikasi, dan seperti
apa hasil yang diinginkan.
·
Fase analisa,
pada tahapan ini berdasarkan hasil penelusuran kebutuhan maka kita akan
memutuskan seperti apa aplikasi yang ingin dibuat, future apa saja yang
diperlukan, masalah yang kemungkinan kita hadapi, apa saja yang kita perlukan
dalam proses pengembangan,dsb.
·
Fase perancangan,
pada tahapan ini kita akan membuat rencana atau rancangan mengenai aplikasi
yang akan dibuat berdasarkan hasil analisa sebelumnya.
·
Fase pengembangan,
tahapan implementasi hasil dari analisa dan perancangan. Pada tahap ini kita
akan menulis kode program sesuai yang telah direncanakan sebelumnya pada fase
perancangan. Pada tahapan ini juga dilakukan pengujian terhadap suatu fungsi
apakah telah berjalan sesuai yang diinginkan.
·
Fase installasi,
setelah memastikan bahwa semua fungsi telah berjalan baik dan telah memenuhi
kriteria yang diinginkan pada fase requirement maka aplikasi akan di-setup pada
server atau komputer yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi ini.
Ø Tahapan Pengembangan New Media
1. Konsepsi
: Pada tahap ini gambaran mengenai aplikasi
yang akan dibuat dibentuk. Gambaran harus dapat menjelaskan poin-poin inti dari
aplikasi yang akan dibuat secara umum.
2. Analisa
:
Pada tahap ini konsep yang dibuat dianalisa secara pemrograman untuk mengetahui
apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan konsep menjadi suatu aplikasi
serta alur proses pada aplikasi secara jelas.
3. Simulasi
:
Pada tahap ini disimulasikan proses-proses yang akan terjadi pada aplikasi yang
akan dibuat. Proses-proses yang disimulasikan melingkupi :
·
Alur suatu proses dalam berbagai macam
kondisi.
·
Keluaran yang diharapkan dari setiap
proses.
·
Eror-eror yang mungkin terjadi.
·
Proses-proses yang bersifat kritis dan
sensitif.
4. Algoritma : Pada tahap
ini dibuat algoritma pemrograman yang dapat
menerangkan proses-proses secara programatik. Algoritma yang dibuat
harus sejalan dengan simulasi yang telah dilakukan.
5. Konstruksi : Pada tahap
ini seluruh algoritma yang dibuat
diimplementasikan pada level pemrograman.Di sini dibuat
produk dari konsep yang dibuat sebelumnya.
6. Evaluasi : Pada tahap
ini dicek secara keseluruhan aplikasi
yang telah dibuat. Program harus berjalan sesuai dengan yang
telah dicanangkan. Apabila ada kesalahan maka harus dicari
tahu di bagian mana kesalahan tersebut terjadi dan ulangi kembali
pengembangan aplikasi dari tahap tersebut.
E.
Aplikasi
New Media
Ø Facebook
Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun
2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg.Fitur fitur
yang disediakan oleh Facebook cukup lengkap jika dibandingkan dengan social
networking yang lain, fitur yang disediakan antara lain notes, wall, photos,
aplikasi itunes, video, causes, dll, juga masih banyak aplikasi games, ataupun
sejenisnya yang bisa digunakan melalui Facebook ini.
Ø Google,
Altavista, Yahoo dan website sejenisnya
Merupakan
aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari
berita.
Ø CNN,
BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya
Dibuat
untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
Ø Youtube
YouTube
adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan
pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal,:Chad Hurley, Steven
Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei
2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.
Para
pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya
video-video di YouTube adalah klip musik, fil, TV serta video buatan para
penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv
yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flashplayer.
Ø BSE,
e-dukasi.net, ilmukomputer,com
Menyediakan
layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan
dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).
No comments:
Post a Comment