Search This Blog

Sunday, June 8, 2014

Web Science 3 : Web dan perilaku pengguna /Interaksi Manusia Komputer; Struktur Web

WEB SCIENCE 3



   Pada kesempatan kali ini, saya beserta kelompok akan menjelaskan Interaksi Manusia Komputer dan Struktur Web  yang merupakan lanjutan materi dari artikel kami sebelumnya yaitu Web Science 2. Bagaimana perilaku manusia sebagai pengguna web yang baik? Apakah dampak yang diberikan web terhadap lingkungan sosial? Apa saja yang termasuk struktur web? Apa yang dimaksud dengan blogosphere? untuk lebih jelasnya mengenai Interaksi Manusia Komputer dan Struktur Web, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

5. Web & Perilaku Pengguna . Interaksi Manusia Komputer (IMK)



Perbandingan dua website penyedia informasi Web berita atau situs Portal Berita Online merupakan penyedia informasi yang memberitakan peristiwa di dalam maupun di luar negeri dengan berbagai macam kategori. Berikut ini adalah poin-poin kelebihan web berita dalam hubungannya dengan perilaku manusia.

   A.       Perilaku Navigasi

   Web berita memiliki fitur-fitur yang memudahkan pembacanya untuk berinteraksi dengan web itu sendiri. Biasanya di dalam web berita banyak iklan yang menawarkan produk makanan, banking, dan lain sebagainya. Hal inilah yang menjadi keunggulan web berita itu sendiri. Selain menyajikan informasi, dengan web berita juga dapat menawarkan iklan yang menarik. Sehingga pembaca dapat menjadi konsumen dari produk yang ditawarkan.
   Pada suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan  bagi para pembuat situs online. Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan. Ada 2 tipe navigasi :

   a.  Navigasi Standar : Yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik dibagian atas, samping atau footer.

   b.  Navigasi Versiadvance : Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif.

   Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan “reviewed by NavinoT”. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.
 Permasalah dalam kaitan dengan:

·         Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaran pada situs.
·         Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.

   Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:

·          Tabel Index (Peta Lokasi)
·          Index
·          Navigasi
·         Fasilitas Pencarian (Search)

   B.       Perilaku Pencarian

   Pencarian informasi pada web berita semakin menambah ketergantungan manusia dengan situs Portal Berita Online. Di dalam web berita sudah tersedia kategori-kategori berita yang dapat langsung di pilih tanpa repot-repot memilah banyak berita yang tersedia.
   Fitur pencarian telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya  Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.

   C.       Rekomendasi Web

         Web recomendation atau rekomendasi web merupakan layanan web yang merekomendasikan atau menyarankan beberapa saran kepada pengguna yang membutuhkan suatu informasi tertentu.

    D.       Web Merefleksikan Perilaku Sosial

   Web pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seaeoramg contohnya seseorang yang sering mengakses situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada conter ataupun diskon-diskon yang ada. berita online biasanya lebih cepat atau up to date dalam menyampaikan berita terbaru. Masyarakat/pembaca yang membuka web berita itu pun lebih cepat untuk mengetahui peristiwa yang baru terjadi.

    E.       Web Mempengaruhi Perilaku Sosial

   Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada 2 dampak yang dimbulkan yaitu :

    a.       dampak positif :

·         lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
·         dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
·         mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan

   b.      dampak negatif :

·         munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
·         adanya plagiatisme
·         munculnya pencurian/hack
·         munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
·        bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri




6. Structure Web




A. Link Structure

Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :

•         Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
•         Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
•         Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman                  situs jika diperlukan.
•         Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs .

Struktur Situs Web :

•         Struktur Linear
•         Struktur Grid
•         Struktur Hierarki

Struktur Linear :

•         Struktur linear murni
•         Struktur linear dengan halaman tambahan
•         Struktur linear dengan halaman pilihan
•         Struktur linear dengan halaman alternatif

B. Small – World Network

   Small World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari banyaknya simpul , namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya. Khususnya, small-world network didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan.
   Dalam konteks jaringan sosial, hasil dalam fenomena small world netwok untuk orang asing (orang tak dikenal) yang dihubungkan dengan cara berinteraksi.

C. Social network sites

   Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dan lalin - lain.
   Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut.

D. Blogosphere

   Blogosphere adalah suatu interkoneksi antarblog yg tergabung dalam sebuah  domain dan domain tersebut tergabung dalam Internet,  Contohnya, Technorati, Top of Blogs, Blog Top Site termasuk juga dengan blog directory, sebuah blogosphere biasanya diklasifikasikan menurut jenis postingan, ada berupa blog berita, hobiis, blog yg berisi tips dan trick dll.







Anggota Kelompok :

·         Dede Ahlam Tohir (51412770)
·         Fathul Bahrul Ulum Tan (52412802)
·         Irvan Nizuar (53412819)
\·        Yoga Indra Permana (57412824)

No comments:

Post a Comment